Jumat, 09 Maret 2012

Pentingnya Salam

Assalammualaikum hhe
Agak gimanaaa gitu yeee tumben rima ngeposting ada assalammualaikumnya, paadahal sebelumnya kagak pernah.Yah, mulai hari ini dan seterusnyaaa rima kalo ngeposting harus ada asallammualaikum , jangan ane aja ya, kalian jugaaa ya ceman-ceman.
Pada tau kan Arti Assalamuallaikum ? Kenapa harus assalammualaikum dulu ?



Allright, Buat yang muslim, (yang non-muslim baca juga gapapa :) )Postingan rima kali ini cuma mau ngejelasin tentang pentingnya membaca salam, baik dimanapun, kapanpun kalian kalian bertemu orang.

Tau gak sih kalian arti dari ASSALAMMUALAIKUM  ?
Kalo gak tau nih rima kasitau artinyaa.
Assalammualaikum merupakan salam yang diSUNAHkan Nabi Muhammad SAW.yang dapat merekahkan Ukhuwah Islamiyah umat muslim  di seluruh dunia. Dan untuk yang mendengarkannya wajib untuk dijawab yaaa :) Jadiii dimanapun kalian berada bertemu siapapun ucapin aja salam :) lumayan nambah pahalaa buat bekal kita di akhirat nanti .
Assalammualaikum kalo bahasa indonesianyaa semoga terselamatkan dari segala duka, kesulitan, dan nestapa. So kalo kita ngucapin salam ke sejuta orang,dan sejuta orang pada ngejawab salam kita , berarti kita telah didoain oleh sejuta orang tersebut, mau kan didoain oleh sejuta orang ? insyaalah doa yang mereka kirim di kabuli allah sehingga kita  terselamatkan dari duka, kesulitan, dan nestapa.


Salam itu berarti :
1. Mengingat Allah SWT.
2. Ungkapan kasih sayang antar sesama muslim
3. Doa yang istimewa
4. Pengingat diri kita
5. Pernyataan atau pemberitahuan bahwa "anda aman dari bahaya tangan dan lidahku"

Berikut hadis-hadis tentang salam :

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Kamu tidak dapat memasuki  surga kecuali bila kamu beriman. Imanmu belumlah lengkap sehingga kamu berkasih-sayang satu sama lain. Maukah kuberitahukan kepadamu sesuatu yang jika kamu kerjakan, kamu akan menanamkan dan memperkuat kasih-sayang di antara kamu sekalian? Tebarkanlah ucapan salam satu sama lain, baik kepada yang kamu kenal maupun yang belum kamu kenal.

Abdullah bin Amr RA mengisahkan bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Apakah amalan terbaik dalam Islam?” Rasulullah SAW menjawab: Berilah makan orang-orang dan tebarkanlah ucapan salam satu sama lain, baik kamu saling mengenal ataupun tidak.” (Sahihain)

Abu Umammah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi Salam.” (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi)

Abdullah bin Mas’ud RA meriwayatkan Bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Salam adalah salah satu Asma Allah SWT yang telah Allah turunkan ke bumi, maka tebarkanlah salam. Ketika seseorang memberi salam kepada yang lain, derajatnya ditinggikan dihadapan Allah. Jika jama’ah suatu majlis tidak menjawab ucapan salamnya maka makhluk yang lebih baik dari merekalah (yakni para malaikat) yang menjawab ucapan salam.” (Musnad Al Bazar, Al Mu’jam Al Kabir oleh At Tabrani) Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang kikir yang sebenar-benarnya kikir ialah orang yang kikir dalam menyebarkan Salam.” Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa Ayat 86:
Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan maka balaslah dengan penghormatan yang lebih baik, atau balaslah dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah akan memperhitungkan setiap yang kamu kerjakan.

Tunggu apalgi ya teman teman, mulailah mengucapkan salam dimanapun dan kapan pun kalian beradaaa, mudah kok caranya , tinggal menggerakkan bibir kita saja gak lebih kok. Lumayan pahala nyaa, dan bisa memberikan ketentraman dihidup kita karena orang orang yang menjawab salam kita berarti orang yang telah mendoakan kita :)


4 comments:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63
  1. Assalamualaikum :D
    tapi sekarang banyak orang nyebutin salam kaya gak niat "lamikum, calam leekoom" hadeh alay xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaa sepert mekom, sejenis itu yah , tapi jangan diikuti ya :) cukup kita yang dulu aja begituan :D sekarang pake assalammualaikum aja ya :) yang jelas jelas aja biar doanya pun juga jelas :)

      Hapus